Blogger Banyumas dan Internet Sehat Mengadakan NgabuburIT

NgabuburIT blogger banyumas internet sehat

Purwokerto, Jumat 11 Juli 2014, bertempat di kampus STMIK AMIKOM Purwokerto, Komunitas Blogger Banyumas bekerjasama dengan ICT Watch dengan program Internet Sehat-nya, mengadakan acara NgabuburIT.

Acara ini dimaksudkan untuk diskusi positif untuk menunggu buka puasa. Tema yang diangkat adalah “Bagaimana Internet Mendukung Produk Lokal”. Peserta NgabuburIT berasal dari umum, mahasiswa, UMKM, dan Perangkat Desa.

Setelah dibuka oleh Pradna dari Komunitas Blogger Banyumas, acara dimulai dengan sesi pertama dengan moderator Frenavit dari Internet Sehat. Membuka sesi ini, M. Yamin dari Nawala yang bercerita “Create Your Own Box”, sebagai salah satu cara meningkatkan pemasaran produk lokal. Konsep “Create Your Own Box” sendiri sudah dikembangkannya sejak merintis Nawala.

ngabuburit blogger banyumas internet sehat

“Konsep ini menyaratkan perubahan mindset dan mental para pelaku usaha, seperti tidak mengekor keberhasilan orang lain dalam memasarkan produknya,” ujar pemilik akun twitter @yaminelrust ini.

Yamin menuturkan perlunya pemikiran mendalam dalam menamakan, mengemas, bahkan memodifikasi produk desa, misalnya pepaya. Petani harus meyakinkan dirinya sendiri bahwa pepayanya lebih berkualitas dibandingkan dengan pepaya import. Jika tahap itu sudah dilewati, pemasaran melalui internet adalah hal yang lebih mudah dilakukan.

Sementara mengenai perilaku masyarakat Indonesia dalam berinternet, Taufik M.H. dari APJII mengungkap bahwa survey APJII bersama BPJS menemukan 77% pengguna internet di indonesia mencari informasi barang dan jasa di internet. Ini menunjukkan transaksi online makin meningkat. Hal ini dipengaruhi oleh kemudahan masyarakat dalam mengakses internet.

Namun ditemukan pula perilaku mubadzir bandwidth, misalnya terkoneksi ke internet hanya untuk menonton video, download e-book, software, dan chatting. Perilaku seperti itu semestinya dimanfaatkan untuk hal produktif seperti memasarkan produk daerah dalam persaingan global.

Berikutnya, dimoderatori oleh Soepriyanto dari RTIK Banyumas, sesi kedua diisi oleh Andi Dwi Riyanto dari Amikom Purwokerto. Dosen Amikom ini menjelaskan pengalamannya mengerjakan bisnis online. Dijelaskan juga beberapa tips aman bertransaksi online.

Pembicara kedua di sesi dua ini, Timbul Yulianto yang juga Perangkat Desa Melung bercerita tentang pemanfaatan internet didesanya. Kemudian untuk mengakhiri ceritanya dan menutup seluruh rangkaian acara NgabuburIT diputarkan video Melung yang diliput khusus oleh stasiun tv SCTV.

ngabuburit blogger banyumas internet sehat

Liputan Terkait :
1. Detik.com
http://inet.detik.com/read/2014/07/12/154554/2635372/398/masih-banyak-pengguna-internet-mubadzir-bandwith

2. Liputan6
http://tekno.liputan6.com/read/2077070/serunya-ngabuburit-sambil-berinternet-sehat

Incoming search terms:

kegiatan class meeting di kampus STMIK AMIKOM PURWOKERTO
5 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *