Blogger Banyumas di Bumi Laskar Pelangi

blogger banyumas di festival desa tik belitung timur

Kali ini Blogger Banyumas bersama dengan desa-desa yang tergabung dalam Gerakan Desa Membangun (GDM), berkesempatan untuk mengunjungi Bumi Laskar Pelangi, Belitong. Kunjungan ini adalah dalam rangka menghadiri Festival Desa TIK (Destika). Gelaran tahunan ini diselenggarakan oleh Kemkominfo pada tanggal 15-16 Juni 2015. Festival Destika ketiga ini diadakan di Desa Lenggang, kecamatan Gantong, Kabupaten Belitong Timur. Selama dua hari, acara dipusatkan di lingkungan wisata replika Sekolah Dasar Muhammadiyah Gantong, lokasi SD Laskar Pelangi.

Dihadiri oleh desa-desa dari berbagai daerah Nusantara, Festival Destika 2015 menghadirkan Menteri Kominfo, Rudiantara. Di samping membuka acara, Rudiantara juga sempat mencoba menerbangkan drone desa. Drone milik BukaPeta yang telah digunakan untuk pemetaan Desa Sidamulih dan di Festival Nipah. Kemudian acara hari pertama diisi kelas-kelas untuk desa dan perempuan.

Malam harinya diisi acara nonton bareng film Asadessa dari Watchdoc dan ICT Watch. Acara ini sekaligus softlaunching film yang bercerita tentang desa-desa melek IT dari berbagai daerah di Indonesia tersebut. Diselingi oleh pemberian kaos Asadessa untuk para pemain dari desa yang hadir di Destika, acara nobar ini juga diisi oleh dialog dengan pihak-pihak yang terlibat.

blogger banyumas di festival desa tik belitung timur

Hari kedua Festival Destika dimulai dengan jalan sehat bersama warga Desa Lenggang dan Bupati Belitong Timur (Beltim), Basuri Tahjaja Purnama. Mengunjungi Museum Kata Andrea Hirata dan Kampung, sepanjang perjalanan, Blogger Banyumas sempat jalan menemani Basuri. Mendengarkan bagaimana visi dan misi dari Bupati Beltim tidak jauh berbeda dengan sang kakak yang menjabat Gubernur DKI Jakarta. Bahkan sebelum disahkannya UU Desa, adik Ahok ini telah berhasil mewujudkan program 1 Milyar 1 Desa di wilayah kabupatennya.

Selesai jalan sehat dan pembagian doorprize, acara diisi dengan kelas umum oleh Onno.W.Purbo yang mendemonstrasikan pembuatan jaringan wifi untuk daerah terpencil. Kelas ini diikuti dengan antusias oleh siswa-siswi SMK Gantong. Setelah selesai kelas dan foto bersama di depan replika SD Muhammadiyah Gantong, kemudian Festival Destika 2015 resmi ditutup.

blogger banyumas di festival desa tik belitung timur
Blogger Banyumas di Festival Desa TIK Belitung Timur Masuk MetrotvNews

Festival Destika bermula dari program Community Acces Point (CAP) dari Kementrian Komunikasi dan Informasi (Kemkominfo) tahun 2013. Desa Melung, Kecamatan Kedungbanteng, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, menjadi salah satu dari penerima program. Melung beserta empat desa lain dari berbagai daerah mendapatkan 8 (delapan) unit komputer dan 1 (satu) server. Hasil diskusi antara Gerakan Desa Membangun (GDM), dimana Melung menjadi salah satu penggagasnya, dengan Kemkominfo menghasilkan keputusan Festival Desa TIK (Festival Destika) sebagai ajang untuk penyerahan CAP.

Keputusan Festival Destika tersebut berdasarkan pertimbangan, bahwa akan sangat disayangkan jika pemberian Program CAP hanya sekedar pemberian tanpa memunculkan gaung yang dapat menggerakkan desa-desa lain untuk memanfaatkan TIK. Kesepakatan tersebut menetapkan Desa Melung sebagai tuan rumah Festival Destika pertama.

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *