Blogger Banyumas NgabuburIT di ST3 Telkom Purwokerto

blogger banyumas ngabuburit desa os dan gedhe tv di st3 telkom

Seperti tahun kemarin, kali ini Blogger Banyumas bekerjasama dengan Gedhe Foundation dan ST3 Telkom Purwokerto menyelenggarakan NgabuburIT.  Bertempat di ST3 Telkom Purwokerto, acara ini diadakan selepas Ashar pada hari Jumat, 26 Juni 2015. Menyasar segmen mahasiswa, NgabuburIT kali ini mengusung tema “Desa OS dan Gedhe TV”.

Acara dibuka oleh sambutan dari pihak ST3 Telkom Purwokerto yang mendorong mahasiswanya untuk mau terjun ke desa, guna menerapkan apa yang telah dipelajari di kampus. Selanjutnya, Yossy Suparyo, Direktur Gedhe Foundation, juga mengajak mahasiswa untuk berperan aktif menerapkan teknologi tepat guna bagi desa.

blogger banyumas ngabuburit desa os dan gedhe tv di st3 telkom

Selesai sambutan-sambutan. Peserta dibagi dua kelas. Kelas Desa OS dan kelas Gedhe TV. DesaOS adalah sistem operasi kode sumber terbuka (open source) berbasis linux yang ditujukan untuk desa.  Sehingga DesaOS dikembangkan menjadi sistem operasi yang ringan dengan paket aplikasi yang lengkap dan tentu saja, bebas virus. Di kelas ini mahasiswa diajak untuk berkontribusi mengembangkan DesaOS dan mendampingi desa untuk mengimplementasikan DesaOS.

blogger banyumas ngabuburit desa os dan gedhe tv di st3 telkom

Selain kelas DesaOS, adalah kelas Gedhe TV yang membahas bahwa betapa saat ini frekuensi publik telah dikuasai oleh segelintir pengusaha media. Untuk mengimbanginya, bisa dilakukan dengan cara membuat IP (Internet Protocol) TV sendiri. Seperti yang dilakukan oleh Gedhe Foundation dengan GedheTV-nya. Kelas ini menyadarkan peserta akan hal tersebut dan praktek ringan broadcast tv.

Acara ditutup dengan buka bersama dan berbagi pengalaman antar peserta.

Incoming search terms:

ip tv purwokerto

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *