Cupping Bareng Komunitas Juguran Kopi

blogger banyumas cupping bareng juguran kopi

Kamis sore, 4 Agsutus 2016, beberapa dari Komunitas Blogger Banyumas sudah hadir di kedai Kopi Kebon. Sore ini bersama dengan Komunitas Juguran Kopi mengadakan acara Cupping Bareng. Selain diikuti oleh para penikmat kopi dari wilayah Banyumas dan Purbalingga. Setelah terkumpul cukup banyak orang, cupping Bareng Komunitas Juguran Kopi dimulai.

blogger banyumas cupping bareng juguran kopi

Tiga gelas sampel biji dan bubuk kopi disiapkan pada sebuah meja panjang. Kemudian sepuluh peserta  diberikan lembar penilaian untuk hasil cupping. Tahap awal, secara bergantian kesepuluh orang tersebut menghirup aroma  tiga sampel hasil gilingan kopi yang diletakkan di dalam gelas. Hasil penginderaan aroma itu ditulis di masing-masing lembar penilaian.

blogger banyumas cupping bareng juguran kopi

Selanjutnya, kopi diseduh. Seduhan ini biasa disebut kopi tubruk. Kembali kesepuluh orang tadi secara bergantian melanjutkan cupping. Kali ini selain aroma setelah diseduh, juga rasa after taste, flavour, acidity, body, balance, sweetness, clean up, hingga overall ketiga sampel kopi tersebut dinilai.

 

blogger banyumas cupping bareng juguran kopi

Seusai penilaian cupping diserahkan, puluhan penggemar kopi ini terlibat diskusi santai. Membicarakan segala macam tentang dunia kopi. Komunitas Juguran Kopi merupakan transformasi dari sebelumnya yang bernama Komunitas Purwokerto Suka Ngopi.  Komunitas yang terdiri dari para pengusaha kedai kopi dan para penyuka kopi di wilayah Banyumas.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *