Dongeng dan untuk Anak Desa Dermaji

Dongeng-Dernaji

Kali ini, Komunitas Blogger Banyumas bekerjasama dengan Pemerintah Desa Dermaji, Komunitas Blogger Hibah Buku, Komunitas Ayo Dongeng Indonesia, dan Indonesiana sebagai Media Partner, menyelenggarakan Dongeng Kejutan. Sebuah acara dongeng untuk anak dan pemberian buku untuk perpustakaan “Jagad Aksara” Desa Dermaji. Acara ini diselenggarakan Minggu (6/12) di pendopo Balai Desa Dermaji, kecamatan Lumbir, Banyumas.

menunggu dongeng kejutan desa dermaji
Menunggu Dongeng Kejutan

Acara bertajuk Dongeng Kejutan ini diikuti oleh 115, dari semula 70 yang diperkirakan datang, anak-anak dari dua SD yang ada di Dermaji. Sebelum dimulai, peserta yang hadir dari kelas satu hingga kelas enam terlihat antusias dan tertib duduk lesehan di pendopo. Menyaksikan video-video Desa Dermaji yang diputar di layar proyektor.

Menjelang pukul sembilan pagi, rombongan Blogger Banyumas, Ayo Dongeng Indonesia, Blogger Hibah Buku sampai di Balai Desa Dermaji. Tanpa menunggu lama, sesuai jadwal, pukul sembilan pagi acarapun dimulai. Dibuka dengan sambutan dari Bayu Setyo Nugroho, Kepala Desa Dermaji.

fadila kosasih mendongeng anak desa dermaji banyumas
Dongeng dari Fadila Kosasih dari Ayo Dongeng Indonesia

Selesai sambutan, Fadilah Kosasih langsung membawakan dongeng “Keledai yang Malas”. Disambung dongeng dari Kinantri. Keduanya dari Ayo Dongeng Indonesia. Tidak hanya mendongeng, anak-anak Dermaji ini juga diajak untuk bernyanyi dan menari bersama. Kemudian, masing-masing anak dipersilakan untuk membaca buku cerita anak dari koleksi Perpustakaan Desa Dermaji “Jagad Aksara” dan buku-buku yang dibawa oleh Blogger Hibah Buku.

antusias anak-anak desa dermaji membaca buku

Seusai membaca, setiap anak diminta untuk menceritakan kembali apa yang sebelumnya dibaca. Dibagi dalam beberapa kelompok berdasar kelas, anak-anak ini mendongengkan kembali ceritanya dihadapan para juri. Tiap  kelompok dipilih juara satu, dua, dan tiga. Juara-juara tersebut mendapat bingkisan hadiah dari Ayo Dongeng Indonesia. Sebagai pelengkap kegembiraan, tiap anak mendapat juga bingkisan jajanan dan minuman.

blogger hibah buku di desa dermaji banyumas
Penyerahan Buku secara Simbolis dari Blogger Hibah Buku kepada Kepala Desa Dermaji

Menjelang akhir acara, secara simbolis Blogger Hibah Buku menyerahkan buku untuk Perpustakaan “Jagad Aksara” Dermaji. Dongeng Kejutan ditutup dengan foto bersama seluruh panitia dan peserta. Ikut juga datang dan meramaikan Dongeng Kejutan, dari komunitas Ayo Jepret, Indonesiana Tempo, dan admin akun Twitter @iniPurwokerto.

“Dongeng Kejutan” bermula ketika Blogger Banyumas mengajak Anazkia dari Blogger Hibah Buku untuk mengunjungi Museum “Naladipa” dan Perpustakaan “Jagad Aksara” . Berdasar obrolan dengan Kepala Desa, Perpustakaan “Jagad Aksara” sangat membutuhkan tambahan buku. Khususnya untuk anak-anak. Kemudian, Blogger Hibah Buku berniat mengumpulkan donasi buku untuk disumbangkan ke Dermaji. Beruntung kemudian ada dua pendongeng Ayo Dongeng Indonesia juga berniat ikut untuk berbagi kegembiraan.

Melihat antusias dan keseruan anak-anak Dermaji, disepakati untuk menyelenggarakan acara yang lebih besar skalanya. Kolaborasi pendongeng dari Banyumas dan Jakarta dan pagelaran seni budaya. Juga dipadukan dengan beragam workshop. Direncanakan untuk diadakan di awal tahun 2016.

One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *