Juguran Seru Bareng Bappeda Banyumas

juguran seru blogger banyumas dan bappeda banyumas

Berawal dari kegelisahan ketika Kabupaten Banjarnegara yang notabene adalah kabupaten tetangga Banyumas, mengundang Blogger Banyumas untuk membantu mempromosikan daerahnya. Ketika itu yang menjadi perbincangan diantara Blogger Banyumas yang hadir adalah, “Pemkab Banyumas kapan mengajak kerjasama blogger untuk promosi Banyumas?”

peta wisata jawa tengah

Kegelisahan itu bertambah ketika menjelang akhir acara “Ayo Plesir Maring Banjarnegara“, Dinas Pariwisata Jateng membagikan goodybag yang salah satu isinya adalah Peta Wisata Jateng. Dalam peta wisata Jateng ini, Kabupaten Banyumas nyaris bersih dari gambar objek wisata, selain angka 82 (Baturraden). Sementara kabupaten-kabupaten tetangga, tercantum beberapa objek wisatanya berupa gambar ikon wisata maupun angkanya.

peta wisata jawa tengah

Ini tentu membuat para netizen yang selama ini aktif mempromosikan Banyumas melalui internet, merasa masygul.

Berangkat dari situ, akhirnya, pada Jumat malam tanggal 6 Januari 2016, Komunitas Blogger Banyumas berkesempatan untuk ngobrol bareng Bappeda (Badan Perencanaan Pembangunan Daerah) Banyumas.

Obrolan santai sembari menikmati hidangan santap malam dan minuman, biasa disebut Juguran dalam bahasa Banyumas, diadakan di RM. Omaeh Inyong, Purwokerto. Dihadiri oleh 6 perwakilan Blogger Banyumas dan 6 orang dari Bappeda. Termasuk Eko Prijanto, Kepala Bappeda Banyumas.

Pada kesempatan kali ini, Bappeda dan Komunitas Blogger Banyumas saling bertukar cerita. Obrolan berlangsung seru, ketika Komunitas Blogger Banyumas menumpahkan uneg-unegnya kepada Bappeda. Selain menyampaikan kegelisahan-kegelisahan yang mendorong pertemuan kali ini, juga mendorong Pemkab Banyumas untuk lebih menggandeng komunitas-komunitas untuk berkolaborasi mempromosikan Banyumas.

Karena bagaimanapun juga, pariwisata merupakan sektor yang berdampak ekonomi langsung bagi masyarakat. Mulai dari parkir, pedagang di sekitar objek wisata, guide, pendapatan desa hingga pendapatan daerah.

Mendengar paparan ataupun cerita-cerita dari para influencer Banyumas ini, Bappeda berencana untuk mengajak para blogger berdiskusi di Musrenbang (Musyawarah Perencanaan Pembangunan) tahun ini. Dengan maksud untuk turut berdiskusi menentukan strategi promosi online Banyumas.

Semoga ini menjadi titik awal kolaborasi Pemkab dengan komunitas-komunitas yang ada di Banyumas.

2 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *