Kelas TIK Desa Banyumas

kelas tik desa banyumas

Bersama dengan Gerakan Desa Membangun (GDM), Blogger Banyumas memenuhi undangan PNPM Mandiri Perdesaan di beberapa kecamatan wilayah Banyumas.

Selain untuk mengenalkan GDM, sebuah gerakan sosial dari desa untuk membangun Indonesia, sekaligus sebagai pendampingan kelas TIK Desa.

Sesuai perannya, Blogger Banyumas memberikan pendampingan agar desa dapat bersuara melalui internet. Materi yang diberikan adalah Menulis cepat, Pengenalan dan pendaftaran website desa serta pemanfaatan sosial media.

Roadshow Desa ini dimulai dari wilayah kecamatan Pekuncen (10-11 September 2013). Kemudian sebagai tindak lanjutnya, Pekuncen dibagi menjadi 4 kelompok belajar yang meliputi wilayah barat,timur, utara, selatan Pekuncen.

Setiap dua hari sekali, secara bergantian masing-masing kelompok ini belajar bersama di salah satu desa yang ditunjuk. Memperdalam materi TIK Desa untuk desa bersuara.

Sasaran berikutnya adalah kecamatan Kebasen. Kemudian berlanjut ke kecamatan Tambak, 26 September 2013. Tambak menindaklanjuti pertemuan pertama, dengan mengadakan kelas TIK Desa lanjutan satu hari penuh di desa Karangpucung (3/10).

Jika sebelumnya atas undangan PNPM, berikutnya yang mengundang adalah pihak Kecamatan Kalibagor. Kecamatan Kalibagor berkeinginan untuk menjadikan kecamatan pertama di Banyumas yang mengakomodir dan memfasilitasi desa-desa diwilayahnya untuk bergabung dalam Gerakan Desa Membangun.

Suatu keinginan yang sangat pantas diapresiasi. Karena selama ini desa bergerak atas kemauan dan kemampuan sendiri tanpa ada dorongan maupun fasilitas dari supra desa (lembaga pemerintah di atas desa).

Sejak pertemuan pertama yang diselenggarakan oleh pihak kecamatan di resto Mercusii (28/9), wilayah Kalibagor telah mengadakan 5 kali pertemuan kelas Desa TIK.

kelas tik desa banyumas

Berikutnya kembali yang mengundang adalah PNPM. Kali ini atas undangan PNPM kecamatan Kemranjen. Hari Kamis, 10 Oktober 2013, bertempat di Rumah Makan Pringsewu Sumpiuh, pertemuan pertama TIK Desa diselenggarakan. Rencana tindak lanjut dari pertemuan ini akan dilaksanakan di desa Kecila 19 Oktober mendatang.

Kemudian tidak mau ketinggalan, KPMD (Kader Pemberdayaan Masyarakat Perdesaan) wilayah Karanglewas juga mengundang Komunitas Blogger Banyumas dan GDM untuk mengadakan kelas TIK Desa pada hari Sabtu 19 Oktober 2013.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *