Krenova (Kreativitas dan Inovasi) Banyumas

krenova kreativitas dan inovasi banyumas

Purwokerto, Minggu 21 Februari 2016.
Bertempat di Indoor Futsal GOR Satria Purwokerto, diadakan pameran sekaligus penilaian karya Kreativitas dan Inovasi (Krenova) Banyumas. Pameran ini gratis dan terbuka untuk umum. Digelar selama satu hari, mulai pukul 09.00 WIB dibuka oleh Bupati Banyumas hingga pukul 21.00 WIB. Acara ini menampilkan 130 karya para kreator dan inovator dari seluruh wilayah Banyumas. Keseluruhan karya tersebut terbagi dari dua kategori, Krenova Umum dan Krenova Aplikasi.

Kategori Krenova Umum menampilkan produk, karya, maupun inovasi dari sembilan kategori. Yaitu : Agribisnis & Pangan; Energi, Kehutanan & Lingkungan Hidup, Kelautan & Perikanan; Kesehatan, Obat & Kosmetik; Pendidikan; Rekayasa, Manufaktur; Kerajinan & Industri Rumah Tangga; Sosial.

krenova kreativitas dan inovasi banyumas

Bupati Banyumas dalam sambutannya saat membuka acara, menyampaikan perlunya kerjasama semua pihak untuk dapat mengangkat karya­karya inovasi ini hingga dikenal luas oleh masyarakat Banyumas, bahkan sampai ke mancanegara.

“Pemerintah Daerah Banyumas sangat mendukung Krenova ini. Karena ini adalah tempat berkumpulnya para inovator Banyumas yang kemudian dapat dipromosikan karyanya sampai keluar Banyumas bahkan syukur­syukur dapat ke mancanegara.” tutur Ir. Achmad Husein, Bupati Banyumas.

Penghargaan Kreativitas dan Inovasi Masyarakat (Krenova) adalah bentuk apresiasi dari Badan Penelitian dan Pengembangan Provinsi Jawa Tengah kepada para mitra dan inovator yang secara nyata mendukung dalam memajukan produk inovasi untuk masyarakat luas. Pelaksanaan Krenova di Banyumas diorganisir komunitas­komunitas kreatif bekerjasama dengan Pemerintah Daerah.

krenova kreativitas dan inovasi banyumas

Menurut Soepriyanto, salah satu panitia Krenova, tujuan diadakannya Krenova tahun ini adalah membuat database para kreator dan inovator yang ada di Banyumas. Dari database tersebut, kedepan akan menjadi sebuah ekosistem yang mempertemukan kreator dan inovator dengan multi­stakeholder. Harapannya, baik dari masyarakat, komunitas, pengusaha maupun pemerintah akan dapat bersama­sama mengangkat karya inovatif yang terkumpul ini.

“Pameran Krenova Banyumas kali ini bertujuan untuk menunjukkan kepada masyarakat luas, bahwa di Banyumas terdapat banyak karya kreatif dan inovatif yang tidak kalah dengan daerah lain. Bahkan karya­karya tersebut sudah dapat digunakan dan dirasakan
oleh masyarakat sekitarnya” pungkas Supriyanto.

Komunitas partner pendukung Krenova Banyumas diantaranya : Komunitas Hackathon Banyumas Raya, @IniPurwokerto, Komunitas Blogger Banyumas, Relawan TIK Banyumas, Banyumas Inspirasi, Video Hape Society, Banyumas Creative Center, Purwokerto.id dan beberapa komunitas yang lain.

Berikut adalah karya keren Banyumas 2016 :

krenova kreativitas dan inovasi banyumas

Kategori Krenova Umum

  1. PUPUK ORGANIK CAIR LIMBAH TAPIOKA karya WAKAM – CIHONJE, GUMELAR
  2. TRAKTOR MINI karya SLAMET PRIYANTO – KARANGDUREN, SOKARAJA
  3. SAVE YOUR HELMET karya SISWO WINOTO – PABUWARAN, PURWOKERTO UTARASelain 3 karya diatas, khusus kategori Krenova Umum, juga diumumkan 7 karya lainnya yang masuk 10 besar karya yang direkomendasikan untuk mengikuti Krenova Jawa Tengah 2016
  4. PEMBANGKIT HYDROGEN karya SUGIYONO, ARCAWINANGUN – PURWOKERTO TIMUR
  5. ALUSI karya YURIS SYARIFUDIN, PURWOKERTO
  6. MESIN PAKAN IKAN OTOMATIS karya SMK TUJUH LIMA 2 – PURWOKERTO
  7. MESIN CNC (MODIFIKASI) karya ROID – WIRADADI, SOKARAJA
  8. BATIK GRADASI karya TIM SMAN 1 SOKARAJA
  9. MESIN PEMECAH KEDELAI karya DASIRIN – SMK MUHAMMADIYAH 2 AJIBARANG
  10. KERAJINAN PATUNG DARI BUBUR KERTAS karya SUKARMAN – KARANGGAYAM, LUMBIR

Kategori Krenova Aplikasi :

  1. APLIKASI “B-DOKTER” karya NUR ARIFIN AKBAR – SUDAGARAN, BANYUMAS
  2. APLIKASI “KEPROK (keluhan dan proyek)” karya IQBALUDDIN SYAM HAD – GRENDENG, PURWOKERTO UTARA
  3. APLIKASI “SIIKPIK (sistem informasi inventarisasi kebutuhan penanganan infrastruktur kelurahan) SUMAMPIR” karya SHAFA’ RIZKY FANDESTIKA – SUMAMPIR, PURWOKERTO UTARA

Incoming search terms:

crenova adalah,Karya karya krenova,krenofa adalah,krenova,krenova 2017 banyumas,krenova adalah,krenova itu apa
One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *