Mengenalkan Produk Banyumas kepada Pengusaha Banyumas

pengenalan produk banyumas di depan pengusaha banyumas

Selasa, 2 Oktober 2018, Komunitas Blogger Banyumas mendapat undangan dari Magister Ilmu Administrasi FISIP Unsoed. Undangan tersebut mempersilakan bagi Komunitas Blogger Banyumas untuk menyampaikan materi. Materi tentang pemanfaatan sosial media bagi pengusaha-pengusaha Banyumas, yang juga diundang sebagai peserta seminar sehari tentang Ekonomi Kreatif.

Seminar ini diadakan di Rumah Makan dan Cafe Libero, Pabuaran, Purwokerto. Komunitas Blogger Banyumas mendapat alokasi waktu di sesi pukul 14.00 – 15.00 WIB.  Dalam kesempatan satu jam ini, Komunitas Blogger Banyumas mengenalkan usaha yang sedang dikerjakan, yaitu Produk Banyumas.

Dijelaskan bahwa Produk Banyumas adalah usaha Komunitas Blogger Banyumas untuk membantu memasarkan produk-produk desa secara online. Diinisiasi berdasar pengalaman mengadakan beberapa kali pelatihan pemasaran online untuk UMKM perdesaan. Dari pelatihan-pelatihan tersebut diambil pelajaran bahwa sesering dan sekeras apapun pelatihan pemasaran online diberikan, waktu untuk mempraktekkannya yang tidak ada. Sebagian besar waktu para UMKM ini sudah tersita untuk produksi dan penjualan offline.

Selain itu, seperti kita sadari, penggunaan teknologi informasi adalah masalah pembiasaan. Semakin seseorang terbiasa memanfaatkan teknologi informasi, semakin cepat juga dia dalam menggunakannya.

Hanya saja, waktu untuk pembiasaan ini tidak serta merta bisa menghasilkan uang dan serta merta mengembalikan investasi yang sudah dikeluarkan (misal untuk membeli gawai). Maka hal ini masih dianggap sebagai investasi yang buruk bagi para pelaku UMKM dengan modal kecil dan harus segera diputar.

Selain permasalahan di atas, kenyataan bahwa ibu-ibu PKK di desa selalu mendapat pelatihan kerajinan tanpa dilatih untuk memasarkannya.

Maka kemudian Produk Banyumas hadir untuk mencoba menjembatani hal tersebut.

Dalam perkembangannya, Produk Banyumas mencoba untuk tidak hanya sekedar berjualan, melainkan membangun brand. Maka, Produk Banyumas mengedepankan untuk tumbuh bersama dengan UMKM di wilayah Banyumas, untuk bersama-sama meningkatkan kualitas produk, pelayanan prima dan bersama membangun ekosistem keluarga besar Produk Banyumas.

Setelah itu baru dijelaskan langkah-langkah Produk Banyumas mempromosikan produk dan brand-nya di sosial media.

Sepanjang satu jam pengenalan Produk Banyumas, para pengusaha Banyumas ini terlihat antusias untuk masuk dan bergabung dalam ekosistem Produk Banyumas.

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *