Pemetaan Desa Dermaji Menggunakan Drone

pemetaan drone desa dermaji

Selama tiga hari hari, Sabtu hingga Senin 12 Р14 September 2015, bersama Bukapeta dan relawan Gerakan Desa Membangun (GDM) mengadakan pemetaan Desa Dermaji menggunakan pesawat nirawak (drone). Desa Dermaji merupakan desa ujung barat wilayah Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.  Bukapeta sendiri  telah beberapa kali melakukan pemetaan desa, termasuk ketika Festival Nipah, kali ini diminta oleh Pemerintah Desa (Pemdes) Dermaji untuk memetakan wilayahnya.

Menurut Bayu Setyo Nugroho, Kepala Desa Dermaji, pemetaan ini merupakan bagian dari upaya untuk menyusun basis data desa yang lebih lengkap dan akurat. Basis data yang lengkap dan akurat sangat diperlukan sebagai dasar untuk penyusunan perencanaan pembangunan desa.

pemetaan drone di desa dermaji banyumas
Kepala Desa Desa Dermaji menerbangkan drone untuk pemetaan desa

“Perencanaan pembangunan yang didasarkan kepada basis data yang lengkap dan akurat akan menghasilkan perencanaan yang berkualitas.” imbuhnya.

Selama 3 (tiga) hari para relawan dan Bukapeta akan melakukan pemotretan seluruh wilayah Desa Dermaji. Selanjutnya hasil pemetaan itu akan diolah sehingga bisa memberikan informasi yang bermakna dan penting. Informasi inilah yang kemudian bisa dijadikan dasar atau rujukan untuk penyusunan perencanaan dan pengambilan keputusan di tingkat desa.

Incoming search terms:

desa dermaji banyumas

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *