bloggerbanyumas.or.id – Setiap profesi tentu menuntut ketrampilan dari pekerjanya. Demikian juga jika kamu ada ketertarikan menjadi seorang “Content Writer”.
Tapi sebelum lebih jauh membahas tugas seorang Content Writer, yuk cari tau dulu, sebetulnya apa sih Content Writer itu?
Jadi, Content Writer itu adalah penulis profesional yang memproduksi macam-macam tulisan menarik di media online. Tulisan ini bisa berupa artikel, blog, kiriman di sosial media, atau media berbasis online lainnya.
Nah trus,
Apa saja ketrampilan yang harus dikuasai oleh seorang Content Writer?
Pertama, Kemampuan Menulis
Jelas, sebutannya saja “writer” (penulis), tentunya harus punya kelincahan dalam merangkai kata menjad kalimat demi kalimat yang menarik dan mudah dipahami oleh pembaca.
Karena sebagus apapun tulisan kalau pesannya tidak sampai ke pembaca, tentu bakal percuma.
Kedua, Memahami Kebutuhan Pembaca
Pembaca adalah orang yang nantinya bakal mengambil manfaat dari tulisan yang dibuat Content Writer. Jadinya, Penulis perlu tahu konten seperti apa yang disukai dan dibutuhkan oleh segmen pembaca yang sudah ditargetkan.
Ketiga, Kemauan Melakukan Riset
Membuat Pembaca percaya adalah salah satu tugas seorang Content Writer. Makanya, setiap konten tulisan yang dihasilkan, haruslah hasil dari riset dan mengumpulkan data dari sumber yang terpercaya sebagai referensi tulisannya.
Keempat, Kemampuan Proofreading
Sebelum tulisan dipublikasikan, artikel yang sudah dibuat, perlu dibaca dan diperiksa lagi oleh Penulisnya. Tujuannya adalah untuk memeriksa kembali kualitas tulisannya apakah sesuai dengan tujuan penulisannya, juga memeriksa jika ada kesalahan tulis.
Tugas dan Tanggung jawab Content Writer di sebuah Perusahaan
- Distribusi konten ke website dan sosial media menjadi salah satu tugas dari penulis konten, disamping menulis konten itu sendiri. Ini berarti, menuntut content writer untuk update secara rutin isi website, baik artikel atau bermacam konten lainnya.
- Membuat deskripsi produk, ketika klien atau perusahaan mempunyai toko online. Maka, tugas utamanya adalah mengisi deskripsi produk-produk yang akan ditampilkan di toko online-nya
- Mengelola konten sosial media. Ini memang biasanya tugas dari Social Media Specialist. Tapi kadang, perusahaan memberikan job desk itu kepada Penulis Konten untuk mengatur konten di sosmed perusahaan
- Membantu kebutuhan artikel untuk divisi lain di perusahaan. Juga kebutuhan Copywriting lainnya, seperti kalimat untuk poster, buletin atau konten lainnya.
- Bersama pengoptimal SEO, dengan tools-nya, Penulis Konten melakukan riset kata kunci. Dengan kata kunci hasil riset tersebut itulah yang kemudian dijadikan konten artikel untuk website dan sosial media perusahaan
Penutup
Jadi itulah kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang Content Writer, juga tugas dan tanggung jawabnya di sebuah perusahaan.
Semoga ini dapat memberikan sedikit gambaran bagi teman Blogger Banyumas yang akan meniti karir sebagai Penulis Konten.
Nantikan serial tulisan Content Writer ini selanjutnya di blog ini. Semoga bermanfaat.